Cara Memperkuat Tenaga Ayam Aduan


Cara Memperkuat Tenaga Ayam Aduan
Berikut dibawah ini adalah cara memperkuat tenaga ayam aduan supaya mempunyai kekuatan/tenaga sampai pada airan kelima. Ayam aduan dalam laga akan mempergunakan kekuatan otot yang akan menguras tenaga sampai sisa sisa energi dalam tubuh habis. Untuk menanggulangi hal demikian, hendaknya ayam yang akan berlaga telah betul-betul dipersiapkan dengan matang dan jangan sampai ayam yang berlaga akan kehabisan tenaga sebelum pertandingan berakhir yang umumnya sampai lima airan. Jika ayam pada airan ketiga, keempat dan seterusnya ayam melakukan pukulan yang makin lemah, napas ngos-ngosan, itu tertanda ayam sudah kehabisan tenaga terkecuali ayam tersebut telah menerima pukulan kearah badan karena ayam yang terkena pukulan kearah badan akan mengalami gangguan peredaran darah yang juga dapat melemahkan otot-otot ayam. Namun jika pada airan kedua dan seterusnya ayam hanya sedikit saja menerima pukulan kearah badan dan ayam melontarkan pukulan dengan tenaga yang makin lemah, bisa dipastikan ayam tersebut kehabisan tenaga.


Ayam aduan yang memiliki stamina dan tenaga yang cukup akan mempunyai pukulan yang stabil, baik dari awal sampai ahir pertandingan ayam mampu melakukan pukulan dengan kuat/keras terkecuali ayam jenis type pukul ringan. Untuk memperkuat tenaga/stamina ayam aduan supaya lebih panjang, bisa dilakukan perawatan dan persiapan sebelum ayam diturunkan di arena. Berikut cara dan perawatannya:

  • Ayam dirawat secara rutin setiap hari dengan cara dimandikan pada pagihari dan kemudian dijemur. Namun jangan sampai bulu-bulu ayam sampai terlalu kering/ayam merasa kepanasan. Sebelum bulu-bulu ayam kering, hendaknya ayam diangkat dan di tempatkan ditempat yang sejuk jangan sampai tempat tersebut terasa panas karena akan menguras tenaga. Rawatan ini untuk ayam yang sudah siap diturunkan kearena,  dan jika ayam dalam masa perawatan yang belum siap diturunkan diarena, ayam boleh dijemur sampai kering bisa sampai 2jam/lebih tergantung kondisi lingkungan.
  • Ayam aduan yang dirawat hendaknya diberi makanan yang berprotein tinggi, serperti beras merah dan bisa juga gabah. Jika bobot ayam aduan terasa sudah terlalu berat bisa diberikan gabah karena bobot ayam yang terlalu berat akan mempercepat terkurasnya tenaga ayam tersebut. Dan untuk menjaga stamina ayam diberikan multi fitamin atau lebih bagus gingseng untuk lebih mudahnya diberi makanan ayam aduan yang sudah lengkap komposisinya seperti foer 595. Jangan lupa, selain diberi makanan pokok ayam juga diberikan remisan/makanan tambahan dengan tujuan memperlancar pencernaan. Adapun remisan tersebut ayam bisa diberi pisang/tahu.
  • Ayam yang dirawat harus dikandangkan ditempat/kandang yang tertutup, jangan sampai terkena udara malam karena akan mengganggu kesehatan ayam tersebut.
  • Perawatan tersebut harus dilakukan minimal satu bulan sebelum ayam diturunkan diarena.
Cara dan trik diatas merupakan cara para bebotoh profesional dalam merawat ayam siap adu, dan bisa di lakukan tanpa ada efek samping negatif bagi ayam aduan karena perawatan rutin tersebut akan memperbugar stamina ayam dan sebagai bekal ayam pada pertarungan.

Terkait dengan Memperkuat Tenaga Ayam Aduan

  1. Keistimewaan dan Kelemahan Ayam Suro Rembes
  2. Keistimewaan dan Kelemahan Sisik Kaki Batu Rantai
  3. Pukulan Ayam Hebat dan Berkwalitas
Demikianlah tadi sajian kami kali ini tentang Cara Memperkuat Tenaga Ayam Aduan, dan jangan anda lewatkan sajian kami lainnya tentang Ciri Ayam Aduan yang Tidak Layak di Adu (ditarungkan).

Ayam Bangkok

No comments:

Post a Comment