Ciri Ayam Aduan yang Tidak Layak di Adu (ditarungkan)


Ayam Aduan Bagus

Setiap ayam aduan mempunyai naluri, daya tahan dan tehnik yang berbeda satu sama lain yang sebagian besar dipengaruhi oleh bentuk tulangan dan trah keturunan. Yang seperti kita ketahui, banyak ayam aduan kuat namun memiliki tehnik yang kurang dan juga sebaliknya banyak ayam bertehnik bagus namun memiliki daya tahan yang buruk. Untuk memilih dan menyeleksi ayam aduan, apakah ayam tersebut nantinya layak ditarungkan atau tidak sebaiknya dilakukan sejak mulai dini, karena selain menghemat dalam biaya perawatan juga menghindari dari kegagalan dari ayam itu sendiri. Adapun ciri ayam aduan yang tidak layak diadu bisa anda simak sebagai berikut:

Untuk memilih ayam adun yang layak ditarungkan atau tidak, bagi pemula memang sangat sulit dalam menentukannya karena pengetahuan dalam memilih ayam memerlukan keahlian yang harus diperoleh dari pengalaman selama bertahun tahun. Untuk menentukan apakah ayam aduan tidak layak atau tidak patut ditarungkan secara umum dibagi 2:
  1. Ayam aduan yang tidak layak ditarungkan karena alasan fisik dan mental
  2. Ayam aduan yang tidak layak ditarungkan karena alasan tehnik

Ayam aduan yang tidak layak ditarungkan karena alasan fisik dan mental mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Ayam aduan mempunyai tulang dada yang bengkok/keropos. Untuk mengetahui apakan ayam mempunyai tulang dada yang bengkok tersebut dapat diketahui dengan cara diraba dengan telapak tangan, jika tulang dada pada bagian bawah ada cekungan keatas berarti ayam tersebut mempunyai tulangan bengkok dan keropos. Maka jangan jadikan ayam tersebut sebagai petarung, karena ayam tersebut tidak mempunyai pertahanan yang bagus, karena tulangan yang keropos ayam tidak mampu menahan pukulan lawan.
  • Ayam aduan dengan jari tengah membelok (tiker). Ayam aduan seperti ini tidak mempunyai pertahanan yang baik karena mempunyai kuda-kuda yang lemah.
  • Ayam aduan mempunyai lubang minyak diatas berutu berjumlah 2 (dua pangkal dan dua ujung) atau dikenal sumpi 2. Karena biasanya ayam mempunyai mental yang jelek, berbeda dengan ayam dengan sumpi yang bercabang atau mempunyai satu pangkal sumpi namun berujung dua, ayam tersebut mempunyai mental yang bagus lebih bagus lagi jika dipasangkan dengan jengger yang bolong.
  • Ayam aduan yang terlihat sering duduk. Ayam tersebut juga juga tidak layak ditarungkan karena memiliki otot yang lemah.

Sedangkan ayam aduan yang tidak layak ditarungkan karena alasan tehniknya adalah ayam aduan bertehnik kuda lari yang mempunyai kebiasaan suka melewati atau melompat pembatas, adapun semua tehnik ayam semuanya bagus.

Terkait dengan Ayam Bagus Lainnya:

  1. Keistimewaan dan Kelemahan Sisik Kaki Batu Rantai
  2. Pukulan Ayam Hebat dan Berkwalitas
  3. Jenis Ayam Aduan Terbaik Lengkap dengan Tehniknya

Diantara ciri ayam aduan yang tidak layak ditarungkan seperti diatas merupakan ciri ayam kurang bagus secara umum yang harus diketahui oleh penghoby ayam aduan khususnya pemula. Dan ahirnya saya cukupkan sampai disini dulu bahasan mengenai ciri ayam aduan yang tidak layak ditarungkan, mudah - mudahan artikel ini bisa menjadi referensi untuk memilih ayam aduan yang yang patut ditarungkan atau tidak.

Jangan lewatkan sajian kami lainnya tentang Keistimewaan dan Kelemahan Ayam Suro Rembes.

Ayam Bangkok

No comments:

Post a Comment