Cara Merubah Penampilan Ayam Tua Menjadi Muda


Berikut cara merubah penampilan ayam tua menjadi muda yang bisa dilakukan dengan mudah yang bertujuan merawat dan menambah performa ayam menjadi lebih bertenaga, lebih kuat dan mudah untuk mencari gandengan dikarenakan ayam akan mempunyai penampilan seperti ayam lancuran. Cara ini sangat cocok untuk ayam yang mempunyai bulu-bulu yang rusak, sisik kaki yang terlihat tua sekali dan juga ayam yang kehabisan stamina akibat sering di adu akan berubah seperti ayam muda namun mempunyai tulangan dan otot lebih kuat dan padat.
Cara Merubah Penampilan Ayam Tua Menjadi Muda

Untuk membuat penampilan ayam supaya lebih baik dan mempunyai sayap yang lengkap dengan tujuan akan memperbaiki pukulan ayam, janganlah anda melakukan pencabutan bulu-bulu yang rusak dengan cara paksa karena akan mengakibatkan ayam menjadi cacat mental akibat kejutan rasa sakit ditubuhnya. Hal itu juga akan mengakibatkan ayam tersebut menjadi penakut dan akan mempengaruhi tehnik dan gaya tarung dari ayam tersebut. Selain berdampak negatif, pencabutan bulu ayam yang tidak menyeluruh akan mengakibatkan bulu ayam akan tumbuh terus menerus secara bergantian dengan tidak ada habisnya karena setelah bekas cabutan bulu ayam tumbuh akan dilanjutkan dengan pertumbuhan bulu-bulu yang lainnya satu persatu dengan tiada habisnya. Sedangkan untuk merubah penampilan ayam tua menjadi muda bisa dilakukan pergantian bulu dan peremajaan sisik kaki.

Untuk menjadikan penampilan ayam aduan menjadi lebih baik, anda bisa membuat perontokan bulu secara menyeluruh dengan waktu yang cepat dan tepat. Adapun cara membuat penampilan ayam menjadi lebih baik dengan cara perontokan dan peremajaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sebelum melaksanakan perontokan, hendaknya terlebih dahulu ayam dikasih makan jagung atau foer selama tiga hari.
  • Setelah itu, ayam dimandikan dengan air yang di campur dengan pupuk urea dengan perbandingan 2genggam pupuk : satu liter air, kemudian usaplah dengan larutan pupuk tersebut bulu-bulu ayam secara merata dan berulang ulang. Caranya, ayam aduan tersebut dimasukkan dalam ember yang diisi larutan pupuk tersebut.
  • Setelah ayam aduan dimandikan, lalu ayam diberi rebon atau terasi seukuran jari jempol kemudian ayam tersebut ditanam selama dua hari. Caranya buatlah lubang supaya bisa dimasuki ayam posisi berdiri lalu kuburlah ayam tersebut dengan kepala masih kelihatan dari luar supaya mudah bernafas dan bisa diberi makan. Untuk cara menguburnya harus kuat dengan tanah yang sedikit basah supaya ayam tidak bisa keluar dan bisa membentuk ruangan sendiri. Ayam yang dikubur seperti ini akan aman karena dalam waktu 2jam ayam akan membentuk ruangan sendiri dan bisa bergeser-geser didalam tanah bahkan ayam bisa berkokok dengan lantang namun tempat penguburannya harus ditempat yang aman dari binatang seperti anjing, ular atau binatang buas lainnya.
  • Setelah ayam dikubur dua hari, kemudian angkatlah ayam dan tempatkan kekandang yang tertutup rapat dan gelap serta diberi makanan berupa jagung ataupun foer dengan kode 594.Setelah itu dalam satu minggu bulu-bulu ayam akan copot semuanya dan sudah siap untuk tumbuh bubu bulu yang baru.
  • Untuk meremajakan sisik kaki yang terlihat tua bisa dilakukan dengan cara direndam air rinso selama 7 jam kemudian sisik kaki ayam dikelupas dengan kuku. setelah mengelupas lalu digosok dengan parutan kunyit supaya sisik kaki lebih kuat dan agak keras.

Adapun untuk mempercepat proses penumbuhan bulu ayam bisa diberi minyak ikan atau vitamin B komplex secara teratur dan jangan lupa ayam diberi makanan dan minuman yang cukup.

Terkait dengan Merubah Penampilan Ayam Aduan:
Trik Menerawang Ayam Aduan dengan Melihat Sayapnya
Ciri Ayam Bagus dan Hebat Yang Perlu di Waspadai
Tips Merawat Anak Ayam Aduan Supaya Tumbuh Kuat dan Bertulang keras

Demikianlah tadi sajian tentang Cara Merubah Penampilan Ayam Tua Menjadi Muda, dan jangan lewatkan sajian menarik lainnya tentang Cara Memprediksi Kemampuan Ayam Lawan Sebelum Peraduan.

Ayam Bangkok

No comments:

Post a Comment