Tips Merawat Anak Ayam Aduan Supaya Tumbuh Kuat dan Bertulang keras



Tips Merawat Anak Ayam Aduan Supaya Tumbuh Kuat dan Bertulang keras
Cara Merawat Anak Ayam Aduan Supaya Tumbuh Kuat dan Bertulang keras merupakan sebagian tugas seorang peternak dan penghoby ayam aduan untuk mencetak ayam aduan supaya nantinya sebagai petarung akan lebih kuat dan hebat. Untuk merawat anak ayam aduan diantaranya memberikan makanan yang sesuai dengan tujuan kita dalam menciptakan ayam aduan yang kita inginkan. Anak ayam aduan yang dibri makan dengan nilai gizi yang kurang akan menjadikan ayam aduan kurang kokoh dan kurang kuat untuk ditarungkan. Oleh sebab itu, anak ayam aduan membutuhkan perawatan khusus, karena anak ayam aduan tidak seperti anak ayam aduan pedaging atau anak ayam lainnya yang dibesarkan hanya untuk memperoleh bobot ayam itu sendiri melainkan harus tumbuh dengan tulangan yang keras dan berotot kuat. Untuk itu anak ayam aduan harus diperhatikan mulai sejak dini yaitu mulai ayam aduan baru menetas hingga ayam tumbuh dewasa. Untuk menjadikan anak ayam aduan nantinya tumbuh sehat dan kuat anak ayam harus dikandangkan dan dipisahkan dari induknya supaya lebih mudah untuk merawat dan membesarkannya. 

Untuk meringankan perawatan sebaiknya anak ayam bangkok dipilih dari anakan jantan saja yang dirawat, karena akan mengurang biaya untuk perawatan dan pembesaran selain itu perawatan seperti ini ditujukan untuk ayam aduan yang bakal diadu atau ditarungkan. untuk memilih anakan jantan dan betina bisa anda baca tentang Cara Termudah Mengetahui Kelamin Anak Ayam 0-1Bulan secara Akurat. Setelah anakan ayam aduan tersebut dipilih dan dipisahkan, barulah dilakukan perawatan untuk mencetak ayam kuat dan tangguh. Adapun cara merawatnya mudah dan sering dilakukan para bebotoh/peternak untuk menciptakan ayam kuat dan hebat yang nantinya bakal dijadikan ayam jagoannya. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak seperti dibawah ini:

Untuk merawat anak ayam baru menetas hingga sampai berumur satu bulan, seperti biasa, berikanlah makanan buatan pabrik yang berkode 591 dan jangan lupa untuk makanan dan minumannya jangan sampai kehabisan. Setelah anak ayam berumur satu bulan sampai tiga bulan, maka berikanlah makanan basah yang dicampur dengan susu bayi dengan tujuan tulang ayam akan tumbuh lebih bagus dan lebih sempurna. Dan hal ini akan tampak bedanya dengan anakan ayam yang diberi makan dengan makanan yang tidak dicampur dengan susu, ayam akan tumbuh lebih gesit dan bertulang tebal dan keras serta mempunyai bulu-bulu yang bagus. Setelah anak ayam aduan berumur tiga bulan sampai enam bulan anak ayam aduan bisa diberikan makanan basah atau berkode 593 yang dicampur dengan minevit untuk ayam petelur atau sejenis kerang yang telah dihaluskan dan dilepas setiap hari selama kira-kira 2jam. Setelah anak ayam berumur enam bulan sampai tujuh bulan ayam diberi makanan buatan pabrik yang berkode 594 yang dicampur dengan kuning telur sampai ayam berumur tujuh bulan kemudian dilanjutkan dengan pemberian beras merah. setelah ayam berumur 7bulan lebih ayam akan terlihat hasilnya, ayam akan mempunyai tulangan yang tebal dan keras otot-otot yang kuat.

Untuk menjadikan otot ayam supaya tumbuh dan berkembang dengan baik, maka lakukanlah adu gebrak dalam dua minggu sekali. jangan terlalu keseringan karena bisa meganggu prtumbuhan dan mental ayam itu sendiri.

Nah, mudah kan untuk mencetak ayam aduan yang kuat dan hebat...Untuk menambah wawasan baru tentang ayam aduan lainnya bisa anda simak tentang:
Cara Memprediksi Kemampuan Ayam Lawan Sebelum Peraduan
Jamu Pembangkit Stamina Ayam Aduan Setelah Diadu
Cara Memperkebal Ayam Aduan Terhadap Pukulan

Dan sekian dulu sajian tentang Tips Merawat Anak Ayam Aduan Supaya Tumbuh Kuat dan Bertulang keras, jangan lewatkan sajian menarik lainnya tentang Cara Memprediksi Kemampuan Ayam Lawan Sebelum Peraduan.

Ayam Bangkok

No comments:

Post a Comment