Rahasia Budidaya Ayam Broiler


Ayam broiler atau ayam pedaging adalah jenis ayam yang mampu tumbuh besar secara singkat hanya dengan 5 minggu ayam sudah dapat di panen. Ayam broiler juga salah satu ayam yang berpotensi tinggi untuk di manfaatkan dalam rangka memenuhi kebutuhan protein oleh masyarakat dan seiring dengan waktu kebutuhan daging makin lama juga makin meningkat. Adapun budidaya ayam broiler supaya sukses yang dapat menghasilkan daging yang berkwalitas dan berbobot akan kami sajikan secara lengkap.

Cara Budidaya Ayam Broiler Supaya Sukses


Usaha tentang budidaya ayam broiler sudah di kenal oleh masyarakat sudah lama namun juga belum terlalu banyak perkembangan orang yang membudikannya, sementara kebutuhan akan daging makin lama juga makin meningkat dan sudah barang tentu, membudidayakan ayam pedaging tersebut merupakan peluang besar dalam berusaha untuk mencari nafkah.

Budidaya ayam broiler sebetulnya tidak terlalu sulit bagi yang sudah berpengalaman, namun bagi pemula hendaknya memerlukan panduan khusus yang terarah demi keberhasilan usahanya dalam rangka budidaya ayam broiler tersebut. Ada langkah khusus supaya dalam budidaya ayam broiler tersebut menuju jalan yang sukses, untuk tips dan caranya adalah seperti dibawah ini.

Memilih Tempat/Lokasi yang Bagus

Tempat untuk mendirikan kandang ayam broiler hendaknya dapat memenuhi persyaratan sebagai kandang yang bagus. Adapun lokasi untuk kandang yang bagus adalah sebagai berikut:

1. Pemilihan lokasi kandang hendaknya jauh dari lokasi perumahan karena di mungkinkan kotoran ayam tersebut dapat memicu pencemaran.

2. Untuk mendirikan kandang hendaknya arah kandang membujur dari barat ketimur, supaya sinar matahari dapat menerobos seluruh kandang.

3. Kandang ayam broiler yang bagus adalah berbentuk panggung.

4. Pastikan sirkulasi udara dalam kandang yang sehat supaya kebutuhan oksigin untuk ayam dapat dengan mudah terpenuhi sehingga memperoleh pertumbuhan yang sehat, dan hindari lokasi kandang yang terlalu rimbun.

5. Menjaga kesetabilan suhu dalam kandang. Suhu dalam kandang yang baik tergantung usia ayam atau pedoman di bawah ini:

  • Untuk ayam broiler usia 1-7hari suhu kandang yang bagus antara 34°C – 32°C
  • Untuk ayam broiler usia 8-14hari suhu kandang yang bagus antara 29°C – 27°C
  • Untuk ayam broiler usia 15-21hari suhu kandang yang bagus antara 26°C – 25°C
  • Untuk ayam broiler usia 21-28hari suhu kandang yang bagus antara 24°C – 23°C
  • Untuk ayam broiler usia 29-35hari suhu kandang yang bagus antara 23°C– 21°C

6. Lokasi kandang yang bagus adalah dekat dengan sumber mata air dan mudah di jangkau dengan kendaraan karena akan memudahkan dalam pengangkutan.

Memilih Bibit Ayam Broiler

Pemilihan bibit merupakan langkah awal dalam budidaya ayam broiler, karena sukses dan tidaknya budidaya ayam broiler juga dapat ditentukan dari kwalitas bibit tersebut. Adapun cara memilih bibit yang bagus adalah sebagai berikut:

1. Bibit ayam broiler yang baik adalah sehat; hal tersebut dapat diketahui dengan mengamatinya secara langsung. Bibit yang bagus mempunyai ciri anakan aktif dan selalu bergerak.

2. Bibit ayam broiler yang baik mempunyai tubuh yang terlihat bulat/gemuk, dengan bulu-bulu yang terlihat bersih, rapi/mengkilat.

3. Bibit ayam broiler yang baik mempunyai sorotan mata yang tajam dan terlihat bening/bersih.

4. Bibit ayam broiler yang baik tampak pada lubang anus terlihat bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada anus.

Tips Merawat Ayam Broiler Supaya Tumbuh Lebih Cepat

Dalam usaha budidaya ayam broiler peralatan untuk makan dan minumnya juga perlu di sediakan sebelum DOC dimasukkan dalam kandang. Pada waktu DOC masih berumur kurang dari 14 hari hendaknya betul-betul di perhatikan dan usahakan DOC di dalam kandang tidak kedinginan dan apabila anak ayam tersebut terlihat berdesak desakan atau bergerombol dapat di pastikan suhu dalam kandang kurang hangat, namun apabila anak ayam tersebut menyebar, berarti suhu kandang sudah sesuai namun hati-hati, suhu kandang jangan terlalu panas karena dapat menyebabkan kematian. Berikanlah makanan dan minuman yang cukup atau selalu tersedia dalam tempatnya dan pemberian vaksin juga sangat perlu di lakukan demi menjaga kesehatan ayam. Adapun pemberian vaksin di lakukan secara bertahap atau menginjak ayam berusia 7hari, 14hari dan yang terahir pada usia 21hari. Pada usia ayam kurang dari 14 hari, ayam selalu mendapatkan pengawasan dan selalu di kontrol terus, karena pada usia ini sangat menentukan keberhasilan ayam pedaging tersebut.

Cara Memelihara Ayan Broiler


Pemeliharaan ayam dimulai dari hari pertama pada waktu DOC di masukkan kedalam kandang dan segera berilahlah pemanas dengan suhu seperti uraian seperti di atas lalu berilah minuman hangat pada hari pertama dengan minuman yang di campur POC NASA atau bisa juga dengan VITERNA dengan dosis 1cc per liternya karena untuk pemulihan di saat pengiriman DOC, dan di hari kedua dan seterusnya berilah minuman dingin.

Untuk pemeliharaan ayam pada usia1-7 hari kebutuhan pakan minimaal 13gr perekor atau 13kg tiap 1000ekor dan pemeliharaan ayam pada usia kurang dari 14hari, pengawasan ketat selalu di lakukan.
Untuk pemeliharaan ayam pada usia 8-14 hari masih dalam pengawasan yang ketat dan jangan lupa dengan pengurangan suhu panas dan berilah makan dengan ukuran minimal 33gr tiap ekornya atau 33kg untuk 1000 ekor broiler.

Untuk pemeliharaan ayam pada usia15-21 pakan yang di butuhkan minimal 48gr untuk tiap ekornya atau 48kg untuk 1000 ekor ayam broiler dan ayam tepap di beri minuman yang di campur POC NASA. Pada usia ini alat pemanas di siang hari boleh di matikan.

Untuk pemeliharaan ayam usia 22-28 pakan yang di butuhkan minimal 65gr tiap ekornya atau 65kg tiap 1000 ekor ayam broiler, kemudian tepat pada usia 28hari harus di lakukan pengecekan berat badan untuk mengetahui perkembangan ayam tersebut. Untuk berat badan pada hari ke 28 minimal harus 1,25kg dan di usia ini sudah tidak memerlukan alat pemanas. Pada masa usia ini lakukanlah pemeriksaan setiap saat karena ayam pada usia ini mulai rentan terserang penyakit.

Untuk pemeliharaan ayam usia 29-35 pakan ayam broiler yang di butuhkan adalah 88gr tiap ekornya atau 88kg untuk 1000 ayam broiler dan pada usia ke35 hari tersebut, bobot ayam yang baik mencapai 1,8 sampai 2 kg dan ayam telah siap untuk di panen.

Penyakit Ayam Broiler

Ada beberapa penyakit yang sering terjadi pada ayam broiler, diantaranya adalah:

1. Penyakit Tetelo

Penyakit ini di sebabkan oleh virus Paramyxo yang menyerang pada ayam yang mampu menggumpalkan sel darah. Ciri ayam yang terserang penyakit ini adalah:
  1. Ayam broiler terlihat megap-megap
  2. Ayam broiler tidak mempunyai nafsu makan
  3. Ayam broiler mengeluarkan kotoran yang cair
  4. Ayam broiler diam dan mencari tempat yang lebih hangat
  5. Setelah itu selang 1sampai 2hari akan timbul gejala saraf seperti:
  6. Kaki ayam tiba-tiba lumpuh
  7. Leher ayam menjadi terpuntir membalik atau ayam terlihat berputar-putar.
Apabila pada ayam ada yang terserang penyakit tersebut segeralah pisahkan ayam karena penyakit tersebut mudah menular, baik melalui kontak langsung, makanan, minuman ataupun udara. Untuk menghindari penyakit tersebut sebaiknya ayam yang masih sehat di berikan vaksin ND Lasotta dan lakukan pencegahan dengan menjaga kandang supaya tidak lembab.

2. Penyakit Gumboro

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang di sebabkan oleh virus yang menyerang pada sistem kekebalan yang sering terjadi pada ayam umur 3 sampai 6 minggu. Penyakit ini juga mudah menular, dan jika sudah mengena pada ayam tidak dapat diobati. Untuk pencegahan dari penyakit tersebut dapat di cegah dengan pemberian vaksin Gumboro. adapun gejala yang di timbulkannya berupa:
  1. Ayam broiler kehilangan nafsu makan
  2. Ayam broiler ayam terlihat dan bergerak tidak teratur
  3. Timbulnya peradangan di daerah anus
  4. Tubuh ayam broiler bergetar

3. Penyakit Chronic Respiratory Disease

Pada ayam broiler, penyakit tersebut juga disebut dengan penyakit ngorok. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum yang menyerang pada saluran pernafasan ayam broiler. Untuk mengobati penyakit ini dapat menggunakan obat yang banyak dijual di pasaran. Adapun gejala yang di timbulkannya dari penyakit ngorok ini berupa:
  1. Ayam broiler terlihat seperti pilek, bersin-bersin dan pada hidung keluar cairan
  2. Gangguan pernafasan /sesak nafas
  3. Terlihat pada sayap ayam yang terkulai

4. Penyakit Pullorum

Nama lain dari nama penyakit ini adalah berak kapur. Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum dan penyakit tersebut dapat menular melalui kotoran yang berupa seperti serbuk kapur tersebut. Untuk mencegah penyakit tersebut hendaknya menjaga kebersihan kandang, Adapun ayam yang terserang penyakit ini dapat bertahan sampai 4 hari baru mati.

Sebab Terjangkitnya Penyakit Pada Ayam Broiler

Secara umum, penyakit pada ayam di sebabkan oleh bakteri dan virus yang mudah menyerang pada ayam tidak mempunyai daya tahan tubuh yang baik, kondisi cuaca yang buruk dan lingkungan kandang yang lembab/kotor akan memicu munculnya bakteri dan virus tersebut. Cuaca yang buruk dan berubah-ubah juga dapat menjadikan ayam menjadi lemah dan stress maka waspadalah untuk memperhatikan lingkungan kandang karena penyakit pada ayam yang di sebabkan oleh virus tidak dapat di sembuhkan, namun dapat dicegah.

Maka dari itu, untuk menghindari banyaknya penyakit pada ayam tersebut hendaknya sanitasi lingkungan kandang harus di lakukan secara rutin supaya kesehatan ayam selalu terjaga dan makanan tambahan seperti pemberian vitamin B komplek juga dapat membantu menjaga daya tahan ayam.

Cara Menjaga Kesehatan Kandang Ayam Broiler

Kebersihan kandang harus terjaga terlebih-lebih ketika ayam sudah di panen maka harus di lakukan pencucian kandang dengan memakai air supaya bersih dari kotoran, ataupun bakteri setelah itu berilah/kuaslah semua kandang dengan memakai kapur/gamping baik itu dinding kandang maupun lantai dan apabila kandang tersebut bekas di huni oleh ayam yang terserang penyakit maka semprotlah dengan memakai formalin dengan tujuan semua bibit penyakit dapat di matikan serta diamkanlah kandang selama 15 hari sebelum kandang diisi dengan DOC.

Saya cukupkan sekian dulu sajian kali ini tentang Rahasia Budidaya Ayam Broiler mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi pemula.

Ayam Bangkok

No comments:

Post a Comment