Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Tedun/Turun Urat


Mengobati Kaki Ayam Aduan Tedun

Ayam Aduan Tedun
Dibawah ini merupakan cara mudah mengobati ayam tedun untuk ayam aduan yang biasa dilakukan oleh bebotoh dan peternak ayam aduan. Dan ayamkondang.blogspot.com akan berbagi tentang Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Tedun/Turun Urat. Penyakit tedun biasa disebabkan oleh benturan benturan yang kuat yang biasanya dilakukan ayam sewaktu diabar/diadu. Ciri ciri ayam yang terkena penyakit tedun terlihat bahwa ayam sangat lemas, nafsu makan berkurang, ayam terlihat gelisah, bulu-bulu ayam terlihat kusam, jika berdiri seringkali kaki ayam diangkat, jika yang diangkat sebelah kiri berarti kaki ayam yang terkena tedun sebelah kiri, namun jika yang diangkat sebelah kanan berarti kaki kanan yang terkena tedun/turun urat. Jika ayam aduan kita seprti diatas jangan sekali-kali mengurut bagian kaki yang terasa sakit. karena akan membuat penyakit ini makin parah. Memang penyakit seperti ini sangat melelahkan dan menjemukan bagi yang mempunyai ayam yang terkena penyakit seperi ini. Namun juga anda tidak usah khawatir karena saya akan memberikan cara termudah dalam tutorial saya yang pernah saya lakukan yaitu mengenai Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Tedun/Turun Urat. Cara ini sangat sederhana dan juga sangat mudah. Namun sebelum mengobati ayam seperti ini yang perlu di fahami adalah kita harus mengetahui seberapa parah pengakit yang diderita ayam kita. Karena penyakit tedun ada 2 yang diantaranya tedun ringan dan tedun parah. tedun ringan biasanya ayam hanya mengangkat satu kaki saja dengan kata lain hanya kaki yang sakit yang diangkat. sedangkan tedun berat/parah biasanya ayam tidakmampu berdiri, dan terlihat jari jari ayam kiri dan kanan membengkok. Dan cara masing-masing pengobatan dan penyembuhannya seperti dibawah ini.

Artikel terkait:

1. Cara Ampuh Mengobati Bubul di Kaki Ayam
2. Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan Supaya Menang dalam Pertarungan
3. Ciri-Ciri Penyakit Flu Burung yang Berbahaya Bagi Ayam dan Manusia


Jika ayam aduan kita terkena penyakit tedun ringan yang mempunyai ciri-ciri seperti diatas cukup dengan memberikan makanan daging kambing segar tiap 2hari sekali dengan porsi sebesar jari jempol yang dibagi2 lalu dimakankan dengan ayam tetap dirawat dan dijemur dipagi hari antara jam 8-9 cukup satu jam tiap harinya. Namun jika ayam kita terkena tedun yang tergolong tedun parah/berat kita harus rutin dalam proses usaha dalam penyembuhannya. Cara penyembuhannya dengan cara merendam kaki dalam ember yang berisi air sedalam kaki ayam kurang lebih kedalaman air mencapai 20cm. Untuk mendukung proses penyembuhannya ayam boleh diberi obat tedun yang bisa dibeli di tempet penjualan makanan ayam aduan.

Penyebab Kaki Ayam Tedun/Turun Urat

Penyebab dari kaki ayam aduan tedun adalah biasanya diakibatkan oleh benturan keras, baik ayam muda yang diadu dengan ayam tua atau ayam yang sudah mempunyai pengalaman dalam bertarung. Untuk menghindari ayam tedun janganlah sesekali mengabar ayam yang berselisih usis lebih dari 3bulan, terlebih-lebih bagi ayam yang pertama kali di abar/dalam masa latihan. Karena ayam dalam masa latihan belum mempunyai otot yang kuat dan bisa mengalami robek/pembengkakan otot yang mengakibatkan ayam aduan tedun. Ayam aduan tedun juga bisa di akibatkan ayam muda yang terlalu capek dalam masa latihan ataupun habis di adu.

Sekian dulu tutorial saya dalam artikel Cara Mengobati Kaki Ayam Aduan Tedun/Turun Urat. Anda juga bisa membaca artikel yang menarik lainnya yang mungkin bisa menembah pengalaman mengenai seputar ayam aduan, diantaranya mengenai Kriteria Ayam Bangkok Pukul Taji Yang Bagus.

Ayam Bangkok

No comments:

Post a Comment